Pengertian Logo

/>
Logo adalah sebuah gambar grafik atau bisa saja juga hanya sebuah sketsa yang dibuat untuk keperluan tertentu. Biasanya logo mempunyai visi dan misi dari yang diwakilinya, bisa itu sebuah perusahaan, sebuah organisasi, sebuah produk atau bahkan sebuah negara. Logo dibuat untuk menyampaikan gambaran singkat dari yang diwakilinya agar mudah dapat dipahami dan diingat oleh audien atau masyarakat umum.

Jadi Logo itu merupakan lambang yang mewakili sebuah perusahaan, sebuah organisasi, sebuah produk atau bahkan suatu negara secara keseluruhan karena di dalamnya mengandung makna tujuan, falsafah, sejarah, maupun kekuatan yang diwakili oleh simbol-simbol dan warna-warna yang digunakan. Mungkin sebagian besar dari kita sudah begitu kenal dengan logo atau simbol dari negara kita sendiri Indonesia, yaitu Burung Garuda.

Penggunaan Logo untuk menunjukkan identitas para pemiliknya sudah ada dari jaman dahulu seperti bangsa Mesir kuno, Indian, Babilonia, Antlantik, India, China dan lain-lain. Filsafat pembuatan logo yang masuk ke negara kita adalah filsafat yang berasal dari China. Mungkin banyaknya etnis Cina yang berada di Indonesia-lah yang menyebabkan falsafah China kini mendominasi dalam membuat sebuah logo atau simbol.

Pembuatan sebuah logo tidak bisa dilepaskan dari Kosmogoni. Bahkan ada juga yang menyebut logo atau simbol tersebut dengan sebutan Kosmogoni. Kosmogoni (Cosmogony) sendiri itu merupakan salah satu teori tentang keberadaan atau asal usul alam semesta, atau bagaimana alam semesta kita terbentuk atau terwujud. Dalam hal ini Kosmogoni lebih cenderung bersifat mitos.

Unsur dari kebudayaan China kuno juga sering mempengaruhi seorang design grafik dalam membuat sebuah logo. Unsur kebudayaan China kuno itu ada lima jumlahnya (Feng Shui). Jadi latar belakang pembuatan sebuah logo khususnya di Indonesia sering tidak bisa lepas dari Kosmogoni dan lima unsur kebudayaan China kuno tersenut.

OK. Hanya segitu yang dapat saya sampaikan sekilas tentang LOGO. Semoga bermanfaat. Mungkin ada dari pengunjung yang bisa memberikan koreksi atau tambahan tentang artikel "LOGO" saya akan menunggu dan tak lupa terima kasih atas kunjungannya.

/>
Pengertian Logo | LogodanGambar | 5

1 komentar:

  1. http://ketokdot.blogspot.com/2016/12/logo-designs.html

    ReplyDelete