Fengshui

/>


Lambang Kosmogoni dan 5 unsur utama dari kebudayaan China kuno, atau yang disebut juga dengan Feng Shui, adalah sebagai berikut :

  1. Maha Kosong ( Maha Tiada Berkutub )
Maksud dan arti Gambar sebuah lingkaran adalah untuk melambangkan Tuhan Yang Maha Esa dalam sifat-Nya dan juga hakekat-Nya yang berada jauh di luar jangkauan kemampuan pemikiran umat manusia, dan keberadaan-Nya hanya dapat diyakini dengan keimanan. Sebuah lingkaran hakekatnya adalah sebuah garis yang melingkar yang di dalamnya kosong, yang mempunyai arti tiada ujung tiada pangkal, tiada awal dan tiada akhir.

  1. Maha Ada ( Maha Kutub )
Gambar sebuah lingkaran dengan satu titik yang berada di tengahnya melambangkan Tuhan Yang Maha Ada, yang merupakan asal muasal dan berpulangnya seluruh alam semesta dan segenap makhluk hidup ciptaan-Nya. Simbol tersebut mengandung arti bahwa segala sesuatu di jagad raya (termasuk manusia, tentunya) berawal dari satu titik, dan nantinya akan menuju kembali ke titik asalnya pula.

  1. Unsur Air
Sifatnya mewakili kepandaian, memanfaatkan bakat dan kepandaian orang lain, komunikasi, tetapi tidak bisa menjadi pemimpin yang baik, karena dalam segala tindakan selalu berlandaskan perasaan, dan tidak mengenal sifat tegas. Sifatnya adalah selalu merendah dan menurun. Walaupun dalam Feng Shui air diidentifikasikan dengan masalah rezeki yang baik, tetapi sifat dasar air sendiri sangat sulit diraba dan tidak menentu, suatu ketika bisa tenang, tetapi kadangkala bergerak menjadi ganas.
Penggunaan material ini diharapkan dapat mengurangi sifat keras hati dan kemauan yang terlalu kuat. Sangat tidak cocok dipakai oleh yang bersifat sangat perasa. Usaha yang cocok adalah pariwisata, hiburan, swalayan, kecantikan, iklan, hotel, ekspor-impor, umum, pelaut.

  1. Unsur Kayu
Sifatnya mewakili tekad dan kemauan keras, dan pendiriannya selalu optimis. Jika diimbangi  dengan rasa kebijaksanaan yang tinggi dalam mempertimbangkan setiap langkah, dan tidak terlalu ambisius dalam menangani suatu pengharapan dan masalah, serta bisa saling bekerja sama dengan berbagai kalangan, maka kesempatan yang lebih baik dapat diraih. Sifatnya dipakai oleh mereka yang berwatak optimis, gerak cepat, mempunyai semangat juang tinggi, menjunjung tinggi toleransi terhadap sesame, dan pandai melihat situasi.
Usaha yang cocok adalah mode/busana, akuntan, pengarang, buku, bunga, obat, seniman, iklan, arsitek, penerbit, advokat, wartwan.

  1. Unsur Api
Sifatnya mewakili kepribadian agresif, optimis, pandai, dan berjiwa memimpin, tetapi biasanya agak emosional dan tidak sabaran. Sifatnya  tidak cocok bagi yang berpendirian kelewat keras, tidak obyektif dan mau menang sendiri. Usaha yang cocok adalah biro jasa, pemusik, dokter, elektrik, radio, televisi, minyak

  1. Unsur Tanah
Sifatnya mewakili jiwa sederhana, penuh kebijaksanaan, dan lebih mementingkan fungsionaldaripada bercerita tentang teori. Walaupun banyak menghasilkan orang-orang cerdas, tetapi biasanya kurang imajinatif. Sifat dasarnya adalah menghasilkan. Sifatnya sangat  cocok bagi yang  memiliki jiwa optimis, tekad kuat, tetapi berlandaskan intuisi perasaan. Dan tidak  cocok bagi yang seelalu mengandalkan kekuatan emosi. Usaha yang cocok adalah kepegawaian, pengembang, tanah, pendidikan, bangunan, emas-berlian.

  1. Unsur Logam
Sifatnya mewakili sifat tegas, selalu optimis, insting yang  kuat, tetapi juga keras kepala dan gigih dalam pendapat. Sangat cocok bagi yang berjiwa komunikatif dan pandai mempengaruhi orang lain. Tidak sesuai bagi mereka yang hanya mengandalkan kemauan keras, tidak kreatif yang hanya mengutamakan fugsional belaka. Bentuk ini dalam Feng Shui mempunyai dua makna, yang pertama dikaitkan dengan keuangan dan perjuangan, dan yang kedua memiliki sifat kepekaan dalam perasaan. Usaha yang cocok adalah bank, asuransi, saham, mobil, motor, mesin, politikus, elektronik, alat-alat besi.
/>
Fengshui | LogodanGambar | 5

0 komentar:

Post a Comment