Memilih Warna Untuk Logo

Memilih warna utama yang tepat untuk sebuah logo adalah merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh sembarangan. Warna yang dipilih haruslah sesuai dengan visi dan misi yang ingin disampaikan kepada khalayak melalui logo atau lambang pilihan kita. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tidak ada salahnya kita untuk meminta pertimbangan kepada ahlinya dalam bidang design logo. Atau bisa juga meminta masukan  dari ahli Psykologi tentang warna yang akan dipilihnya. Kok ahli Psykologi sih? Karena dalam Psykologi, ada bahasan tentang karakter warna. Yang mempelajari sifat dan perilaku manusia melalui warna yang menjadi kesukaannya. Hampir sama dengan Ilmu Grafalogi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengetahui watak seseorang dari tulisan tangannya..
Setiap orang pasti beda selera soal warna yang menjadi kesukaannya, ada yang suka ke warna yang cerah juga ada yang suka ke warna yang agak gelap, bahkan ada yang suka banget kepada warna hitam yang notabene merupakan warna mutlak gelap. Yang terakhir ini (tentunya kita sudah tahu semua) biasanya orang-orang yang mempunyai ketertarikan atau berprofesi sebagai paranormal. Setiap warna itu mempunyai karakter tertentu, dan biasanya orang yang menyukai warna tertentu, karakter orang tersebut tidak jauh-jauh amat dengan karakter dari warna yang disukainya tersebut.
Untuk membuat sebuah logo atau lambang, memilih warna yang tepat adalah merupakan sesuatu yang sangat penting. Karena nantinya logo atau lambang tersebut akan dipakai untuk selamanya. Mengganti sebuah logo atau lambang yang sudah terlanjur dipublikasikan dapat membuat image pemilik lambang atau logo tersebut kurang baik di mata masyarakat. Kecuali memang ada alasan tertentu yang sangat penting hal tersebut untuk dilakukan.
Dan yang tak boleh dilupakan adalah, di dalam logo tersebut harus ada warna yang dominan (utama/primer) dan warna yang sub dominan (pendukung/sekunder).
Di bawah ini ada beberapa contoh logo atau lambang dengan pemilihan warna yang disesuaikan dengan visi dan misinya :

* LOGO PLN :



  1. Warna Kuning (Empat Persegi Panjang)
Warna kuning ini merupakan warna utama, di mana untuk menggambarkan bahwa PT. PLN (Persero) merupakan Perusahaan yang terorganisir dengan sempurna, yang akan mampu memberikan pencerahan bagi kehidupan masyarakat. Warna Kuning ini juga untuk menyatakan bahwa insane-insan yang tergabung di perusahaan ini adalah orang-orang yang mempunyai semangat menyala-nyala yang siap untuk berkarya sebaik mungkin demi terwujudnya visi dan misi PT. PLN.

  1. Warna Merah (Petir)
Warna merah menggambarkan kedewasaan, kesiapan, kecepatan (cepat dan tepat), PLN  dalam melayani masyarakat serta tantangan-tantangan yang dihadapi demi tercapainya pelayanan yang terbaik untuk masyarakat yang membutuhkannya.

  1. Warna Biru

Warna Biru untuk menyatakan keandalan yang dimiliki oleh insane-insan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya.


* LOGO PERTAMINA :


  1. Warna merah di sini untuk menggambarkan keuletan, ketegasan serta keberanian dalam menghadapi tantangan-tantangan masa depan dengan berbagai kesulitan yang ada.

  1. Warna hijau di sini adalah untuk menggambarkan sumber energi yang berwawasan lingkungan.

  1. Warna biru di sini mencerminkan sifat andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab.

Tambahan informasi saja, logo Pertamina tersebut yang membuat adalah sebuah perusahaan yang bertempat di San Fransisco, Amerika Serikat yaitu "Landor". Selain pertamina ada juga beberapa perusahaan dalam negeri yang mempercayakan pembuatan logonya kepada "Landor" Dan mungkin anda akan kaget mengetahui berapa harga jasa pembuatan logo tersebut, yaitu 350.000 US$  (kalikan saja dengan kurs rupiah saat ini).

Memilih Warna Untuk Logo | Ahmad Alfan | 5

0 komentar:

Poskan Komentar