Pesona Alam Indonesia

/>
Kali ini kita akan memposting artikel yang tujuannya adalah  untuk mengangkat ke khalayak umum tentang potensi wisata yang ada di Indonesia. Mungkin bisa dibilang terlambat apa yang kita lakukan ini, tetapi setidaknya hal ini akan menjadi pelepasan hajat untuk bisa berada dalam rombongan dari puluhan atau bisa juga ratusan blog yang mencoba ikut memberikan andil dalam mempromosikan potensi wisata yang kita miliki bersama. Sebenarnya kualitas keindahan alam kita ini tidak kalah dengan yang dimiliki oleh negara-negara lain, tetapi seakan kita kurang punya kepedulian yang lebih untuk mencoba mengabarkan kepada dunia pada umumnya dan masyarakat kita sendiri pada khususnya. Ini bukan hanya retorika saja, namun benar-benar sebuah kenyataan yang sebenarnya. Lihatlah betapa banyak acara-acara TV yang melibatkan artis-artis kita yang tanpa rasa malu dan rasa bersalah, dengan bangganya mengulas tentang keindahan alam dan tempat-tempat wisata negeri orang. Padahal kalau menonton acara tersebut kelihatan bahwa program acara itu sama sekali tidak ada sponsor yang berasal dari negara tersebut. Padahal yang menonton program acara itu kan masyarakat kita sendiri, kenapa tidak kita kabarkan keindahan alam yang ada di sekitar kita, masih banyak sekali obyek-obyek wisata domestik yang butuh promosi seperti itu. Kita bisa saja menyebut acara-acara seperti tersebut sebagai sikap anti nasionalisme. Saya sangat salut kepada beberapa stasiun TV yang menyiarkan acara yang mengangkat potensi-potensi daerah yang ada di seluruh Indonesia khususnya potensi wisata tentang keindahan alam kita.
Banyak yang tidak percaya ketika melihat sebuah foto alam yang sangat eksotis dan mengundang decak kagum yang ternyata foto tersebut adalah salah satu obyek wisata yang ada di Karimunjawa, Jawa Tengah. Kejadian seperti itu masih sering kita dengar, karena kurangnya informasi tentang obyek-obyek wisata yang sangat potensial yang ada disekitar kita. Televisi adalah media yang paling efektif untuk menyebarkan informasi-informasi seperti itu, tetapi sangat disayangkan sedikit sekali stasiun TV yang membuat program acara untuk mengangkat dan mempromosikan obyek-obyek wisata daerah kita sendiri. Tetapi untungnya ada beberapa anak muda kita yang mempromosikan keindahan alam negeri kita lewat internet
Terus terang tulisan ini terinspirasi oleh beberapa situs yang khusus mengabarkan dan sekaligus menawarkan paket-paket wisata Indonesia kepada dunia luar. Suatu usaha yang patut diacungi jempol. Bagaimanapun situs-situs tersebut mempunyai andil yang sangat besar bagi perkembangan wisata di masa-masa mendatang khususnya untuk wisatawan dari manca negara. Kita harus optimis bahwa kita beberapa tahun ke depan mampu bersaing dengan negara-negara lain yang selama ini sangat sukses dalam bisnis pariwisatanya.
Untuk tahun 2013 ini, Indonesia mengalami peningkatan dalam hal peringkat kompetisi perjalanan dan wisata turis baik di tingkat global maupun di tingkat regional Aisa Pasifik. Bagaimanapun kita patut mensyukuri pencapaian tersebut walaupun jika dibandingkan dengan negara Malaysia dan Singapore kita masih kurang merasa puas. Di bawah ini adalah data perbandingan peringkat dengan empat negara lainnya :


Data tersebut di atas adalah merupakan kutipan dari "Laporan Daya Saing Perjalanan dan Pariwisata 2013" atau dalam bahasa Inggris-nya "The Travel &Tourism Competitiveness Report 2013" - World Economic Forum.
Semoga untuk tahun-tahun mendatang peringkat tersebut selalu mengalami kenaikan, yang tentunya akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat sekitar obyek pariwisata kita.
Sebagai penutup dari artikel kali ini, di bawah ini akan kita tunjukkan beberapa keindahan alam yang tidak jauh dari kita yaitu obyek wisata daerah Karimunjawa, yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah :














Foto Karimun Jawa - Potret Menarik
Foto Karimun Jawa ini merupakan hak milik TripAdvisor


/>
Pesona Alam Indonesia | LogodanGambar | 5

0 komentar:

Post a Comment