Cara Membuat Kubus 3D Dengan GIMP

/>
Saya pernah suatu ketika menemukan sebuah tulisan yang sangat menarik bagi saya, bukan karena isi tulisan atau kalimatnya yang ada, tetapi yang menyebabkan saya tertarik adalah karena cara menyampaikannya. Kata atau kalimat tersebut ditulis dengan menggunakan font yang melekat pada suatu kubus (disebut juga dengan “cube font”). Mungkin sobat juga akan menyukainya seperti admin, oleh karen itu, kali ini kita akan berbagi tentang salah satu cara sederhana bagaimana membuat kubus tiga dimensinya dengan menggunakan Gimp (GNU Image Manipulation Program).


Langsung saja kita mulai dengan :


1. Membuka program GIMP
Cara Membuat Kubus 3D Dengan GIMP 1


2. Klik File – New – Oke. (Untuk mudahnya kita pilih ukuran yang sudah ada saja. Default, yaitu Width 640 dan Height 400 / 640 x 400 pixels)
Cara Membuat Kubus 3D Dengan GIMP 2


3. Kemudian klik pada menu Create a new layer group and add it to the image
Cara Membuat Kubus 3D Dengan GIMP 3


4. Setelah itu klik menu yang ada di sebelah kirinya, yaitu menu Create a new layer and add to the image. Selanjutnya kita isi saja 250 x 250 pixels.
Cara Membuat Kubus 3D Dengan GIMP 4


5. Kita pilih warna yang kita inginkan, lalu kita pilih tool menu Bucket Fill Tool dan klik area new layer yang baru kita bikin tersebut. Sesudah warnanya berganti dengan warna yang kita inginkan, kita lakukan langkah selanjutnya.
cara membuat kubus 3D dengan GIMP 5


6. Karena kita menginginkan sebuah kubus dengan tiga warna di sisi yang terlihat, maka kita tekan menu Create duplicate of the layer and add to the image sebanyak 2 kali, seperti terlihat di gambar berikut ini. Dan lakukan penggantian warna yang berbeda pada kedua duplikat layer tersebut ;
cara membuat kubus 3D dengan GIMP 6


7. Kemudian ubah warna layer duplikat yang kedua dan ketiga dengan warna yang kita inginkan.
cara membuat kubus 3D dengan GIMP 7


8. Pilih menu Filters – Map – Map Object nanti akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Pada menu General option pilih Box.
cara membuat kubus 3D dengan GIMP 8


9. Untuk menampilkan tiga warna yang telah kita buat pada langkah ke 6, maka pada menu Box ada pilihan sisi mana saja yang ingin kita ganti warnanya. Untuk lebih mudahnya, saya sarankan sisi yang perlu diganti adalah sisi atas (Top) dan sisi kanan (Right), tetapi dengan syarat pada menu Orientation, sumbu x diposisikan pada angka 16 dan sumbu y pada posisi -16.
cara membuat kubus 3D dengan GIMP 9


19. Selesai
cara membuat kubus 3D dengan GIMP 10


Itulah cara sederhana untuk membuat kubus 3D dengan menggunakan GIMP. Jika ingin menambahkan sebuah foto atau gambar pada tiap sisinya, tinggal siapkan dulu foto atau gambar tersebut dan lakukan langkah yang sama dengan langkah-langkah tersebut di atas. Atau mungkin sobat yang sudah tahu cara membuat kubus 3D dengan langkah yang berbeda dengan yang barusan kita bahas, sobat dapat berbagi dengan yang lainnya dengan menuliskannya di komentar. Terima kasih. Sukses untuk sobat semua. Dunia Akherat. Amiin.
/>
Cara Membuat Kubus 3D Dengan GIMP | LogodanGambar | 5

1 komentar: