Menulis Cepat Dengan Auto Correct Di Office Word

/>
Bisa menulis atau mengetik dengan cepat di office word, tentunya semua orang ingin bisa melakukannya. Tetapi terkadang keinginan tersebut tidak dapat diwujudkannya, karena berbagai hal. Ada yang beralasan, mengetik dengan cepat hanya bisa dilakukan oleh orang-orang professional, orang-orang yang terlatih, orang-orang yang setiap harinya mendapatkan tekanan untuk menyelesaikan tugas menulis dengan waktu tertentu harus selesai. Padahal tidak. Semua orang bisa melakukannya, asal mau berlatih dengan tekun. Mungkin waktu seperempat jam per harinya latihan menulis atau mengetik di word, rutin selama sebulan dapat membuat kita mengetik di office word dengan lebih cepat.

Orang dapat menulis atau mengetik dengan cepat umumnya memakai metode sepuluh jari. Metode mengetik dengan sepuluh jari sudah diakui dapat meningkatkan kecepatan menulis atau mengetik dengan lebih cepat. Penggunaan metode sepuluh jari untuk menulis atau mengetik di office word memang akan lebih cepat daripada orang yang tidak menggunakan metode sepuluh jari. 


Menulis cepat atau mengetik cepat dengan menggunakan fasilitas auto correct di office word dimaksudkan untuk membantu lebih cepat lagi dalam menulis atau mengetik di office word. Apa keuntungan yang kita dapatkan dari penggunaan fasilitas auto correct ini? Dengan menggunakan fitur auto correct paling tidak efisiensi waktu yang kita dapatkan bisa mencapai 50% lebih. Bayangkan dengan waktu yang sama, kita dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Apalagi disertai dengan metode mengetik sepuluh jari.


Langkah pertama untuk memudahkan kata yang akan kita masukkan ke dalam daftar auto correct adalah dengan memunculkan dulu shortcurt auto correct ke dalam quick acces toolbar. Bisa dilihat gambar di bawah ini :


Menulis Cepat Dengan Auto Correct Di Office Word 1

Caranya :
Klik kanan pada Ribbon (seperti terlihat pada gambar di bawah)
1. Pilih Customize Quick Acces Toolbar
2. Pada kolom Choose Commands from, pilih (All Commands)
3. Scrol ke bawah, pilih Auto correct option
4. Klik tombol Add
5. OK
Ilustrasinya dapat seperti terlihat di bawah ini ;


Menulis Cepat Dengan Auto Correct Di Office Word2

Jika sudah menemukan fitur auto correct option-nya, maka langkah berikutnya adalah memasukkan kata-kata yang kita (singkat) inginkan dibetulkan secara otomatis (auto correct) oleh office word. Daftar kata-kata yang disingkat di bawah ini mungkin bisa dijadikan pilihan sobat juga untuk dimasukkan ke dalam fitur auto correct office word. Tentu saja daftar kata-kata di bawah ini dapat dirubah atau diganti sesuai dengan selera masing-masing. Kata-kata yang kita pilih sebaiknya kata yang paling sering atau sering dipakai dalam bahasa kita, dan cara menyingkatnya pun sebisa mungkin yang unik, bukan merupakan suatu suku kata baku, dan yang tak kalah penting singkatan tersebut mudah diingat. Seperti tersebut di bawah ini


:
Replace
With
tdk
tidak
dpt
dapat
sbg
sebagai
spt
seperti
sbb
sebagai berikut
dll
dan lain-lain
dsb
dan sebagainya
ktk
ketika
shg
sehingga
kpd
kepada
mlk
melakukan
mrp
merupakan
yg
yang
drp
daripada
khd
kehidupan
pgt
pengetahuan
peng
pengalaman
oi
orang lain
oy
orang yang
akt
akan tetapi
olki
oleh karena itu
kwj
kewajiban
dlm
dalam
sungguhh
sungguh-sungguh
bersungguhh
bersungguh-sungguh
harii
hari-hari
berharii
berhari-hari
larii
lari-lari
berlarii
berlari-lari
orangg
orang-orang
lamaa
lama-lama

Untuk setiap kata ulang, kita hanya perlu menambahkan huruf terakhir dari kata tersebut sekali lagi. Seperti terlihat dalam contoh di atas. Dengan metode tersebut, kita dapat dengan mudah mengingat setiap kata ulang yang kita masukkan ke dalam daftar auto correct.

Penambahan kata-kata ke dalam fitur auto correct bisa disesuaikan dengan apa yang akan kita tulis (ketik). Misalnya ; jika yang akan kita tulis (ketik) ada puluhan lembar yang membahas tentang ilmu kesehatan (medis) dan di sana ada istilah-istilah yang sulit kita ketik dan kata tersebut sering muncul, maka masukkan saja kata tersebut ke dalam daftar auto correct. 


Jika kita sudah menambahkan kata-kata yang sering kita gunakan ke dalam daftar auto correct di office word, maka akan banyak waktu yang kita pangkas. Dengan waktu yang sama, kita dapat menulis atau mengetik lebih cepat di office word.


Semoga bermanfaat.
/>
Menulis Cepat Dengan Auto Correct Di Office Word | LogodanGambar | 5

0 komentar:

Post a Comment