Page Set Up Di Office Word

/>
Di dalam melakukan pekerjaan mengetik dengan menggunakan program office word, hal pertama yang tidak boleh dilupakan adalah page set up. Bagi yang sudah terbiasa bekerja dengan program office word, page set up mungkin sudah bukan merupakan hal yang memusingkan. Waktu yang diperlukan mungkin tidak sampai setengah menit untuk melakukannya. Tetapi bagi para pemula, page set up bisa saja menyita waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Kok bisa? Bisa saja. Namanya orang belum tahu. Admin berkata begitu, karena pengalaman dulu, waktu awal-awal menggunakan program office word.

Page set up pada dasarnya meliputi pen-settingan visualisasi lembar kerja yang nampak di layar computer agar sesuai dengan media dan hasil print out dari apa yang kita ketik atau kita kerjakan di layar computer. Apa saja sih yang berhubungan dengan page set up di office word?  Hal utama yang berhubungan dengan page set up setidaknya ada 3 (tiga) yang harus kita pahami, yaitu ;

1. Orientations
Orientasi bidang kerja, yang terdiri dari dua pilihan yaitu portrait dan landscape, untuk masalah yang satu ini, dapat dengan mudah dipahami..
 
2. Margins
Jarak antara area pengetikan dengan tepian halaman (kertas). Margins juga sama dengan orientasi, bisa mudah dipahami.

3. Size 
(Ukuran) Lembar kerja ; dalam hal ini kertas yang akan kita gunakan untuk media print out ukurannya berapa.
Untuk urusan yang satu ini sering menjadi masalah bagi beberapa orang yang masih awam dengan program office word 2007. Seperti kita ketahui bersama, bangsa kita terbiasa memakai satuan ukuran meter (centimeter/milimeter, bukan inch ataupun feet. Padahal default satuan ukuran yang dipakai di dalam program office word adalah inch, sehingga kebanyakan pemakai awam program office word bingung dalam mengkonversi dari satuan inch ke satuan centimeter. 


Kita tidak usah bingung-bingung mengkonversi, cukup kita ganti saja ukuran satuannya dari inches menjadi centimeters atau millimeters. Caranya adalah :

1. Klik office button, yang ada di pojok kiri atas
2. Pilih Word options
3. Pilih advanced
4. Pada bagian Display, baris kedua ; Show measurements in units of : ada empat pilihan satuan ukuran, yaitu inches, centimeters, millimeters, points, dan picas. Pilih centimeters. OK

Gambar ilustrasinya bisa dilihat di bawah ini ;

Page Set Up Di Office Word1

/>
Page Set Up Di Office Word | LogodanGambar | 5

0 komentar:

Post a Comment